Rabu, 27 Januari 2010

mulai berasa

Setiap pagi hari sekolah, kejar kejaran sama jarum panjang di jam dinding samping TV.. kalo masih disekitaran angka enam, trus berangkat.. maka senyum bisa hadir sepanjang perjalanan bintaro-mayestik-setiabudi.
But, kalo udah geser deket2 ke angka sembilan, artinya udah kurang seperempat jam dari jam enam, dan masih blom berangkat juga, bakalan otot wajah agak2 kerja kearah berkerut. CEMBERUT !!

Keluar pagi dari bintaro bener2 butuh kesiapan mental dan fisik, barangkali ngabisin 1200 kalori; blom pernah ditest sih; karena selain kita berebut jalan yang cuma itu itunya, gak pernah nambah sejak tahun 1990an (perasaan aja sih, ada juga tambahan jalan tol, tapi kan musti bayar. Lagian mau kejurusan kebayoran tolnya adanya ke pondok indah, gak nyambung kaleee...), kita juga musti berhadapan sama orang2 yang kayaknya memang dilahirkan TIDAK untuk mengemudikan kendaraan deh. Buktinya: kok nyetirnya pada GOBLOG banget tuh; gak tau aturan, gak tau sopan santun dan terlihat seperti tidak punya otak!!! {mendingan gw dong, biarpun dibilang SAKITOTAK, tp masih punya, cuma lagi sakit aja.... :o) }.
Nah buat gw masalah ini mulai berasa mengganggu. Artinya semangat buat nganterin anak sekolah mulai terlihat agak2 surut nih, dan ini bahaya buat gw. Kenapa? Karena nganterin anak sekolah adalah saat yang paling sedap dan tepat untuk kita (gw dan anak bini) ngobrol. Iya kan.. Pagi2 tuh pikiran masih fres, tenaga masih utuh dan semangat sedang berkobar. Cuma ya itu syaratnya berangkatnya harus sebelum jarum panjang ketemu angka sembilan..

Sebenernya cara buat mengurangi kepadatan dan berdesak-desakan di pagi hari kalo mau keluar dari bintaro ada gak yaa??? Kalo buat seluruh komplek bintaro yaa.... gw gak tau deh, tapi kalo cuma untuk keluarga gw doang sih ada.. Caranya?
gini nih: {ditujukan kepada yang tercinta anak2 gw Abby dan Bia (Misha kan udah kuliah, brangkat sendiri yaa), anak orang laen kalo mau juga boleh}
  1. Kalo malem sebelum hari sekolah, yaa tidurnya dicepetin dong. Kalo biasa tidur jam 10 malem, supaya besok gak telat ya tidur jam 9 malem. Bisa kan..?
  2. Kalo pagi dibangunin, harus sigap dan sadar posisi. maksudnya? Ya sigap, abis dibangunin ya bangun. kalo abis dibangunin trus tidur, ya bukan dibangunin dong namanya. Lalu sadar posisi, artinya sadar posisinya sebagai murid di sekolah gak boleh dateng telat! Lah wong kepala sekolahnya aja datengnya gak telat kok, masak muridnya dateng telat... ya gak cucok duoong ahhh.
Sesungguhnya segala sesuatunya kan bisa dibikin simpel dan enteng2 aja, asal semua pihak, bahasa canggihnya: para stake holder, bisa saling mendukung ke arah perbaikan maka gak perlu ada yang repot kan? Jadi Alm Gus Dur gak bisa bilang "gitu aja kok repot"... wkkkkk...
Mungkin perlu pembiasaan (bahasa apa tuh?) sebelum akhirnya kita semua jadi terbiasa..
Barangkali.. walahualam...

2 komentar:

  1. hahahaha...
    si abby sama bia udah baca belom ni, yah?
    kalo misha sih ga bisa tidur awal gitu...
    biasanya tidur jam 1...

    BalasHapus
  2. bia udah, dia ketawa-ketawa aja... kalo abby ayah gak tau udah baca blom..

    BalasHapus